10 Lidah Hewan yang Aneh

 


Gambar : https://qph.cf2.quoracdn.net/main-qimg-f24904da5684b2fc5dbf232a0484bfe4-lq

Ingin tahu, hewan apa saja yang memiliki lidah dengan bentuk paling unik dan aneh ?simak informasi berikut ini :

1. Harimau

Gambar : https://images.pexels.com/photos/7261198/pexels-photo-7261198.jpeg

Seperti kucing rumahan, kucing besar seperti harimau memiliki lidah yang kasar. Fungsinya adalah untuk "mengupas" daging langsung dari tulang serta membersihkan diri.

Lidah mereka dapat mengupas kulit dan bulu mangsanya agar lebih mudah dimakan. FYI, tonjolan kecil, tajam, dan menghadap ke belakang pada lidah mereka disebut sebagai papila, menurut laman Seaworld Parks & Entertainment.

2. Ular

Gambar : https://c0.wallpaperflare.com/preview/831/310/537/australia-cairns-city-cairns-aquarium-snake-tongue.jpg

Menurut laman The Conversation, lidah ular berfungsi untuk mengumpulkan bahan kimia dari udara atau tanah. Selain itu, ular menggunakan lidahnya untuk menangkap partikel bau di udara.

Bahkan, berkat lidahnya, ular jantan dapat mengetahui apakah ular betina siap untuk kawin dari bau yang dikeluarkan. Menariknya, lidah ular puff adder terlihat mirip seperti cacing kecil dan digunakan untuk menipu katak. Sangat multifungsi, bukan?

3. Bunglon

Gambar : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d8/BUNGLON.jpg

Apakah kamu tahu bahwa lidah bunglon hampir dua kali panjang tubuhnya? Lidah mereka digunakan untuk berburu mangsa. Cara kerjanya adalah dengan menembakkannya dari mulut dengan kecepatan tinggi, menurut laman Ranker.

Berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Pascal Damman dari Université de Mons, Belgia, diketahui bahwa air liur bunglon sangat lengket, hampir 400 kali lebih kental dari air liur manusia. Lidah mereka memiliki akurasi yang tinggi dalam menangkap mangsa.

4. Beruang Madu

Gambar : https://images.pexels.com/photos/12755677/pexels-photo-12755677.jpeg

Ternyata, lidah beruang madu dapat mencapai panjang hingga 10 inci (25 cm) dan menjadikannya beruang dengan lidah terpanjang. Lidah mereka berfungsi untuk mencapai madu dan serangga yang bersembunyi di dalam batang atau celah pohon.

Kelebihan lainnya adalah memiliki indra penciuman yang sangat baik serta cakar yang sangat panjang. Meskipun memiliki lidah terpanjang, beruang madu adalah yang terkecil dari semua beruang.

5. Burung Kolibri

Tebak bagaimana cara burung kolibri menyedot nektar dari dalam bunga? Ya, mereka menggunakan lidah mereka! Lidah mereka keluar-masuk dari paruh mereka hingga 12 kali per detik, menurut laman Journey North.

Lidah mereka bertindak seperti "pompa mikro" dan menggunakan energi elastis untuk menarik nektar ke dalam mulut mereka. Saat tidak digunakan, lidah mereka akan melingkari tengkorak pada struktur khusus yang disebut alat hyoid.

6. Okapi

 Gambar : https://live.staticflickr.com/7435/13129901383_9dc3acf40a_b.jpg

Lidah okapi sangat panjang sehingga mereka dapat menjilati wajah mereka sendiri, bahkan mencapai mata dan telinganya! Selain itu, lidah mereka dapat dijulurkan ke atas untuk mencapai daun dari dahan yang tinggi.

Tidak hanya itu, lidah mereka juga digunakan untuk menepis serangga yang sering hinggap di tubuh mereka. Panjang lidah mereka sekitar 12-14 inci (30-36 cm) dan berwarna hitam atau biru tua, menurut laman Denver Zoo.

7. Pemakan Semut Raksasa

Gambar : https://s.kaskus.id/images/2016/07/12/8328531_201607120422280626.jpg

Bagaimana hewan ini berburu semut dan rayap? Pemakan semut raksasa akan menggunakan lidah yang panjangnya mencapai 50 cm dan sangat lengket. Fungsinya agar bisa memakan banyak serangga sekaligus.

San Diego Zoo menyatakan bahwa pemakan semut raksasa tidak memiliki gigi dan lidah mereka membantu untuk memakan hingga 30.000 semut dan rayap setiap hari. Cakar mereka yang besar membantu untuk membongkar sarang semut atau sarang rayap.

8. Flamingo

Gambar : https://live.staticflickr.com/1608/24995863976_379cfc2e2b_b.jpg

Burung yang indah berwarna merah ini ternyata memiliki lidah yang unik. Terdapat bulu berduri yang melapisi lidah mereka sehingga mereka bisa menyaring makanan dari air. Berkat lidah mereka, flamingo dapat menyaring udang, moluska, krustasea, dan serangga dari air lumpur.

Yang lebih unik lagi, ilmuwan menemukan "jaringan ereksi" di lidah flamingo. Jaringan ini dapat diisi dengan darah dan menjadi kaku. Fungsinya untuk membantu menstabilkan kepala saat mereka menyelamkan wajah mereka ke air.

9. Alligator Snapping Turtle

Gambar : https://live.staticflickr.com/5107/5687008503_160cb8dacd_b.jpg

Tidak hanya ular, kura-kura snapping juga menggunakan lidah mereka sebagai "umpan". Lidah mereka berwarna merah jambu cerah, mirip seperti cacing kecil, dan akan menarik perhatian ikan yang lewat.

Kemudian, kura-kura akan tetap diam di dasar sungai dengan mulut mereka terbuka lebar. Begitu ada ikan yang mendekat, kura-kura ini akan menutup rahang mereka dengan cepat. Strategi yang cerdas!

10. Jerapah


Gambar : https://images.pexels.com/photos/7892599/pexels-photo-7892599.jpeg

Lebih kurang, lidah jerapah mirip dengan lidah okapi. Namun, lidah mereka lebih panjang, hampir mencapai 2 kaki atau 60 cm! Lidah mereka paling berotot dari semua hewan berkuku dan digunakan untuk mencapai daun di ranting tertinggi.

Yang unik adalah, lidah jerapah berwarna hitam keunguan gelap. Menurut Ranker, pigmen gelap pada lidah mereka berfungsi untuk mencegah terbakar matahari, mengingat habitat jerapah di sabana yang panas.

Itulah 10 hewan yang memiliki lidah yang aneh.

 

 

 

Komentar